Saturday, December 6, 2008

Ketika Ami Bertasbih

Setelah gue perhatiin, ternyata 3 tahun akhir ini gue selalu pindah sekolah tiap tahunnya. Pertama dari sd sudirman ke smp 49, kedua dari 49 ke SIB, ketiga dari SIB ke 49. Dan abis dari 49 ini insya Allah jadi anak sma. Nah berarti selama 4 tahun dong gue bakal pindah-pindah terus. Jujur, gue anaknya takut beradaptasi. Setiap mau pindah sekolah, hal pertama yang gue pikir adalah 'nanti aku punya temen gak ya?'. Dan untungnya setiap tempat gue selalu dapet temen yang latar belakang dan sifatnya beda-beda. 
Nah sekarang gue mau ceritain pengalaman gue yang sama artinya sama 'bhinneka tunggal ika' atau artinya 'berbeda-beda tapi tetap satu'. Karna yang perbedaannya lebih keterawang waktu gue di SIB, jadi gue ceritain tentang anak-anak SIB aja ya. 
SIB, Sekolah Indonesia Bangkok letaknya ya di Bangkok. Kalo dari apartment gue dulu tinggal jalan beberapa menit udah nyampe. Nah saking deketnya itu makanya tiap hari gue jalan kaki kalo mau ke sekolah. Waktu pertama kali jadi anak baru disana, yang gue heranin ada 2 hal. 1: Ini sekolah kecil amat. 2: Ternyata gak cuma sekolah yang kecil, anak-anaknya juga kecil-kecil. Dan tau sendiri kan badan gue segede apa jadi gak salah juga gue bilang gitu. Hari pertama, gue cuma duduk diem ngeduhing (ngeduhing itu bengong/diem aja/do nothing). Gue sekelas sama yang namanya Rosyiedah Nuraini Rajab, Damayanti Indah Lestari, Aditya Ilham P. , Ngurah Taruna Mandala, Dany Gunawan, Bagus (gue gak tau nama lengkapnya), Calvin L. dan Syifa Esprilla Afifah. Dan anak baru hari itu untuk kelas 8 cuma gue sama Sipo (Syifa Esprilla Afifah). Karna cuma gue sama Sipo yang jadi anak baru, makanya gue lebih sering ngobrol sama Sipo sebagai kubu anak baru. 
Gue merasa gak puas dong dengan teman sekelas gue yang cuma 8 orang aja, terus gue kenalan sama anak-anak kelas 1 smp dan 3 smp. Kelas 1 smp: Nindyashinta Maharani Darnasmara, Dio Tobing, Grace Virtuanita dan Hafida Nabilla. Satu-satunya anak baru cuma Fifi (Hafida Nabilla) yang hari pertamanya pake baju seragam anak kuliahan thai mana datengnya telat pula. Kalo kelas 3 smp: Aditya Indra P. Y. Yoki Saputra, Rakhmadhani Hutama sama mba Fani (aduh lupa namanya). Nah terus ada juga nih anak kelas 6 sd yang imut-imut namanya Lintang. Dia punya kakak namanya mba Brina kelas 3 sma. 
Di smp ini karena muridnya yang dikit makanya kalo ada pelajaran bhs inggris, olah raga sama ekskul selalu digabung. Dari situlah gue mulai bermain sama temen-temen baru. Kalo di smp dibagi jadi 2 kubu. Satu kubu isinya cuma anak-anak cowok nah satu lagi yang cewek-cewek. Jadi gue mainnya sama Sipo, Shinta, Grace, Fifi, dan Lintang walaupun dia waktu itu masih sd. Rosyi sama Anti pulang ke Indo pertengahan tahun kalo mba Fani anaknya suka menyendiri gitu.
Nah di kubu cewek-cewek ini masih dibagi dari beberapa kubu lagi. Kubu pertama isinya Shinta, Fifi dan beberapa bulan kemudian Nadaa Faradhina Azalea 1 smp datang, kubu kedua isinya gue, Grace, Sipo. Nah kalo si Lintang ikut yang mana aja juga jadi. Tapi bukan berarti kubu cewek-cewek kepisah dan gak main bareng loh. Sebenernya kebagi jadi dua karna Shinta, Fifi, Nadaa kalo jalan cepet nah sedangkan gue, Grace, Sipo jalannya lama. Nah jadinya kan ketinggalan lah gua dkk kalo jalan. Jadi kubu Fifi dan kubu gue tetep main bareng walaupun jalannya suka balapan.
Nah sekarang gue ceritain sifat masing-masing ya. Pertama mulai dari Shinta. Shinta ini anaknya cantik, kulitnya putih dan pinter. Papa sama mamanya kerja di embassy sejak Shinta masih 1 tahun. Jadi Shinta itu udah 11 tahun di Bangkok. Dia juga jago bahasa thai. Kalo ulangan bahasa thai aja gue suka nyontek sama dia. Kalo pergi-pergi dia jadi juru bicaranya. Terus si Grace. Grace anaknya tinggiiiii banget. Dia jago bahasa Indonesia. Dulu tinggal di Salatiga. Dia punya 2 kakak dan cewek semua. Sedangkan ibunya adalah kepala sekolah SIB. Nah terus Nadaa. Nadaa baru dateng waktu semester 2. Dia anaknya jenius banget. Semua pelajaran dia kuasai kecuali bahasa indonesia, katanya. Papanya kerja bukan di embassy. Ada lagi si Fifi yang anaknya cantik, manis dan tajir sekali. Jago banget gambar dan mewarnai. Papanya kerja di Toyota mamanya ibu rumah tangga. Terus Sipo. Sipo anaknya cantik dan pinter mtk. Paling jago mtk di kelas tapi pelajaran lain (kata dia) biasa aja. Pekerjaan papanya sama kaya ayah gue, ya jadi pilot. Sipo punya 2 adek namanya Alya 2 sd sekelas sama Iyo dan Faiz sekelas sama Lintang. Terakhir Lintang. Lintang anaknya imut, manis, jago nyanyi dan main gitar. Anaknya juga periang banget sampe-sampe gak heran kalo banyak orang yang suka sama dia. Papanya dulu kepala sekolah SIB nah terus baru Ibunya Grace. Naaaaaaah dan sekarang tentang gue sendiri. Yang orang lain pasti inget gue adalah badan gue yang gede sendiri. Hmm mungkin gue yang paling gede SIB karna ya itu dia anak-anak SIB badannya pada kecil-kecil imut-imut.
Berbulan-bulan gue main sama mereka. Mulai dari main-main di tengah lapangan, ngegossip, nginep di rumah temen, nonton bioskop bareng sampe ice skating. Nah terus kan tadi gue bilang kalo ekskul selalu bareng, nah ini ni cerita gue yang sampe sekarang kalo gue inget bisa nangis lagi. 
Jadi dulu semuanya harus ikut ekskul nari yang gurunya itu Pak Agus, wali kelas gue sendiri. Jujur aja ya gue gak suka nari. Seumur hidup gue nari juga waktu TK doang. Nah terus suatu hari tiba-tiba gue disuruh ikut ekskul nari. Udah tau badan gue segede karung beras masih disuru nari juga. Ya udah lah karna emang wajib gue masuk lah ke kelas tari itu. Disana semua anak smp disuruh nari termasuk gue. Gue udah berusaha mati-matian ngikutin setiap gerakan yang diajarin, sampe kaki gue keinjek-injek gara-gara keteteran, sampe keringet kayaknya gak berenti netes. TAPI APA YANG TERJADI, guru gue bilang gue gak bisa nari dan gak pantes nari walaupun bilangnya secara gak langsung. Dan Fifi juga dibilangin hal yang serupa. Jelas aja ya Ffi sama gue dulu sama-sama ikut drum band yang gerakannya pasti kaku-kaku dan tiba-tiba harus NARI dan malah dikata-katain. Demi Allah gue nangis sepulang dari ekskul. Dan mungkin gak ada yang tau kalo gue nangis setiap ekskul nari, bahkan di sekolah tapi gak ada yang tau gue nangis karna gue pura-pura kelilipan atau abis nguap. Yang dibeda-bedain cuma Fifi sama gue. Tau kenapa? 1. Shinta jago nari, 2. Sipo kurus, 3. Nadaa lues, 4. Grace (mungkin) jago nari atau bahkan karena anak kepala sekolah? entahlah. Tapi gue akui Grace bisa nari ketimbang gue. Coba lo bayangin apa rasanya jadi gue. Gue yang udah ikhlas ngejalanin kewajiban, gue yang udah berusaha mati-matian tapi akhirnya malah diejek dan dianggep gak bisa. Apa yang lo rasain? Oke lah kalo muridnya banyak. Kalo muridnya banyak pasti juga banyak yang gak bisa nari kaya gue. Nah ini muridnya cuma dikit. CUMA DIKIT. Bahkan lo masih bisa ngitung pake jari. Jelas lah gue merasa sangat dibeda-bedain. Setiap gue pulang ekskul pasti solat sambil nangis. Gue aduin semua perilaku guru gue yang menurut gue semena-mena. Saking bencinya gue sama dia, gue sampe ngecengin dia kalo ngomong sama gue. Gue block dia dari list yahoo gue. Bahkan masuk kelas dia juga gue ogah.
Mulai dari saat itu gue bertekad bulet buat ngebuktiin kalo gue ini berguna. Kalo gue ini punya bakat juga. Ya memang gue gak ngebuktiin gue bisa nari, tapi gue mau ngebuktiin kalo gue bisa jadi juara kelas. Semangat gue membara-bara udah gak bisa dibendung. Tapi..... Allah berkata lain. Gue sekeluarga malah diharuskan pulang ke Indo. Dan kandas mimpi gue untuk ngebuktiin ke guru gue itu. Gue sedih banget. Disaat gue udah bisa beradaptasi, disaat gue punya mimpi besar yang harus menjadi nyata, gue harus pulang saat itu juga. Dan tau gak waktu itu gue kepilih ikut paskibra untuk 17an. Dan saat hari itu juga gue tau kalo gue harus pulang. Makin menjadi kesedihan gue. Gue pingin banget ikut paskibra karna nyokap gue pernah bilang kalo dia pingin ikut paskibra. Gue pingin nyokap gue bangga tapi kandas begitu aja. Asal lo tau, gue nangis waktu bikin post ini. 
Gue tutup-tutupin ke temen-temen kalo gue mau pulang selamanya. Gue bolos sekolah berhari-hari karna gak mau nangis di sekolah. Sampe akhirnya semua orang tau kalo gue mau balik. Temen-temen gue jelas kaget karna tiba-tiba mereka tau kalo gue harus cabut. Jelas aja mereka sedih, temen di SIB aja udah dikit masa mau berkurang lagi. Dari sini juga gue simpulin kalo kelemahan bisa menjadi kelebihan. Walaupun temen cuma sedikit tapi jadi kompak. Hari terakhir gue di Bangkok, gue putuskan untuk masuk sekolah buat terakhir kalinya. Gue pamitan sambil gak lupa bawa camera dan sampe di Jakarta camera itu ilang dan foto-fotonya belum sempet gue masukin ke komputer. Bagus, bagus banget. Saksi kenangan gue satu-satunya ilang gitu aja. Padahal ada video gue nangis di depan umum! Nangis di depan umum! Jujur aja, gue kalo nangis selalu di tutup-tutupin kecuali emang gak bisa di tahan. Menurut gue, pertemanan yang paling solid cuma waktu di SIB. Satu untuk semua, semua untuk satu. Tapi kalo ilang satu, ya makin dikit lah. Terus gue pamitan sama guru yang bikin gue sakit hati. Disitu gue masih ogah ngomong sama dia tapi gue maafin kesalah dia yang emang nyelekit banget. Gue ikhlas atas perlakuan dia. Dipikir-pikir emang gue gak bisa nari mau bilang apa juga. Kalo gak ada dia juga gue gak bakal punya semangat buat bisa jadi juara kelas. Tapi sampe sekarang masih gue block di list yahoo gue hehehe. 
Yah gitu ceritanya pengalaman gue setahun di Bangkok. Gue bersyukur punya pengalaman dan temen-temen yang mungkin gak setiap orang bisa ngerasain. Makasi Ya Allah. Harapan gue sekarang adalah semoga gue punya temen-temen yang ada disetiap gue butuhin, temen yang gak suka main dari belakang, temen yang mau nerima gue apa adanya. Gue juga mau bisa jadi juara kelas! Walaupun saingannya subhanallah banyaknya, gue tetep mau jadi anak pinter yang walaupun mungkin gak jadi juara kelas. Gue mau jadi anak pinter yang bisa bikin ayah sama ibu bangga. Gue gak mau bikin harapan orang tua gue kandas buat yang kedua kalinya. Makasih Ya Allah buat semuanya. 

6 comments:

sifaa18 said...
This comment has been removed by the author.
sifaa18 said...

haduu jadi terharuu hahaha. yaah sayang banget tuh kameranya ilang. kan ada video2 sama foto2 di SIB huhu :'( apalagi waktu di ruangan pak Ruy terus ada video ilham loncat2 HAHA.
lo pas ngeposting sambil nangis? gue aja pas baca juga nangis ko.
dan EH! ko mendeskripsikan guenya yang bagus2 doang dan tidak fakta, dasar lo haha.
sabar aja ya nak, semoga di 49 dapet ranking, Amiiin
sampai jumpa di ancol ya, Mi! :D
(dan akhirnya dengan tidak sengaja gue mendapatkan blog lo ini haha)

Ami Astarini Rahadiyati said...

haha iya po kan itu pas di bagian lensanya retak ya haha. ah itu mah di lebay-lebayin aja po nangisnya. hehe amin amin tapi susah po. nih ya gue di kelas paling bego dan kelas gue kelas paling bego. parah ya. enchol ya po. ah elu biasanya manggil gue aa jangan manggil ami jadi kagok gue.

grace virtuanita said...

ternyata, lo bkin blog gak bilang2
ini pun dikasi tau. hufth !
jujur. sedih bnget liat critanya !

Ami Astarini Rahadiyati said...

hehe dikasih tau Sipo ya? ah sedih apaan, lebay itu mah. maaf ya namanya disangkut pautkan hehe

Lintang Ariani Noerjanto said...

aa.. gue baca ini nangis a...gue kangen lo a!saya tidak bisa berhenti nangis :'(